Berikut hadits tentang uban yang dikutip dari buku 100 Keasalahan Wanita dalam Merawat Tubuh karangan Dr. Mencat uban dengan warna hitam.
Syaikh Al Albani dalam As Silsilah Ash Shahihah mengatakan bahwa hadis ini sahih.
. Imam Al-Nawawi Rahimahullah berpendapat akan makruhnya perbuatan mencabut uban berdasarkan hadis Amru bin Shuaib yang kami nyatakan di atas. Kumpulan hadits tentang Jenggot. Pembicaraan dalam hadits ini tentang menyemir rambut dengan warna lain bukan menyemir secara mutlak walaupun tidak beruban.
Diriwayatkan Abu Daud dari Ibnu Abbas dia. Lalu Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda Ubahlah uban ini dengan sesuatu akan tetapi hindarilah warna. Barangsiapa tumbuh uban dalam keadaan memeluk Islam maka kelak uban itu akan menjadi cahaya baginya di Hari Kiamat HR.
Uban adalah cahaya di hari kiamat. Rambut yang memutih menjadi introspeksi diri bagi kita agar semakin mempersiapkan diri menyambut kematian. At-Tirmidzi dan an-Nasai 2.
Namun boleh juga menyemir uban dengan selain keduanya yaitu dengan al wars biji yang dapat menghasilkan warna merah kekuning-kuningan dan zafaron. Apa yang ada di bawah bulu juga berlaku hukum junub Sunan Ibnu Majah Kitab Thaharah dan sunah-sunahnya. Sesungguhnya di bawah setiap rambut itu terdapat janabah maka basuhlah rambut dan bersihkan kulit wajah.
Yang menyatakan hukumnya makruh mewarnai rambut uban. Para ashab kami Al-Syafieyyah mengatakan bahawa ianya perbuatan mencabut uban adalah makruh. Tidaklah seorang muslim yang memiliki sehelai uban melainkan uban tersebut akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat nanti HR.
Shallallahu alaihi wasallam dengan rambut dan jenggotnya yang memutih seperti pohon Tsaghamah pohon yang daun dan buahnya putih. Mandi karena junub Sunan Abu Dawud Kitab Thaharah Barangsiapa yang meninggalkan tempat rambut tatkala mandi. Ubahlah warna uban itu dan jauhi warna hitam HR.
Ini disebutkan secara jelas oleh Imam Al-Ghazali Imam Al-Baghawi dan selainnya. Allah Dialah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah kemudian Dia menjadikan. Kemudian ayat lain yang menjelaskan tentang rambut uban sebagaimana termaktub dalam QS.
Dengan demikian maka menyemir rambut tanpa adanya uban tidak termasuk sunah dan tidak dianggap sebagai meneladani karena tidak ada tuntutan untuk itu dan tidak ada maslahat syariah karena menyemir uban. Beliau juga menjelaskan bahwa hal ini diperselisihkan oleh para ulama bahkan diperselisihkan oleh para shahabat radhiyallahu taala. Anas bin Malik pernah ditanya tentang cat rambut Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassallam.
Imam an-Nawawi dan al-Mawardi. Boleh menghindari warna yang sudah putih uban sehingga tidak terlihat 100 persen tua. Rambut Uban dalam surah Maryam.
Melalui siaran YouTube yang diunggah pada 10 Mei 2019 tersebut Ustaz Khalid menjelaskan hukum mewarnai rambut dalam Islam dibolehkan bila dilakukan selain warna hitam. Hal ini menunjukkan bahwa menyemir uban dengan henna pacar dan katm inai adalah yang paling baik. AlQuranPediaOrg Uban adalah salah satu di antara peringatan dari Allah Taala bahwa kita tua dan lemah.
Walau demikian saya akan mencoba mengutif beberapa hadits tentang menyemir rambut. Dengan demikian maka menyemir rambut tanpa adanya uban tidak termasuk sunah dan tidak dianggap sebagai meneladani karena tidak ada tuntutan untuk itu dan tidak ada maslahat syariah karena menyemir uban. Sunahnya menyemir uban dengan warna kuning Kitab Pakaian dan perhiasan.
Yang mutlak mengharamkan adalah sebagian Mazhab Syafii. Dari Jabir ra ia berkata Pada hari penaklukan Makkah Abu Quhafah ayah dari Abu Bakar datang dalam keadaan kepala dan jenggotnya telah memutih warna putih seperti kapas maksudnya bahwa beliau telah beruban. Maryam ayat 4 yang berbunyi.
Ya Tuhanku sesungguhnya tulangku telah lemah dan kepalaku telah ditumbuhi uban dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada Engkau ya Tuhanku. Namun demikian ada juga ulama yang membolehkan mewarnai rambut uban dengan warna hitam. Nabi Saw bersabda.
Hadis ini dishahihkan al-Albani dalam Shahih Targhib wa Tarhib 2091 Tak cuma itu sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh Al Baihaqi dalam Syuabul Iman berbicara mengenai makna uban. Para salafush sholeh dan tabiin berpendapat bahwa tidak mencatnya lebih baik berdasarkan hadits Rasulullah yang melarang mencat Uban juga beliau tidak mencat ubannya. Mewarnai rambut tak hanya dilakukan untuk menutup uban tapi juga penampilan.
Hadits shahih bukhari muslim dawud tirmidzi nasai ibnu majah. Jangan Pernah Mencabut Uban.
Ijma Dan Qiyas Adakah Tuntunannya Dalam Al Quran Begini Pandangan Imam Syafii Literasi Quran Teratai
Islam Reminder Kutipan Pelajaran Hidup Kata Kata Motivasi Kutipan Motivasi Belajar
Pin On Inspiratif Dan Sportifitas
Pin By Salsabila Ummu Fawwaz On An Najiyah Kutipan Terbaik Motivasi Belajar
Untitled Kutipan Hadits Kata Kata Motivasi Kutipan Pelajaran Hidup
Perbedaan Haul Zakat Tijarah Menurut Pandangan Ulama Madzhab
21 Likes 0 Comments Agama Adalah Nasehat Addinu Annasihah On Instagram Bulan Ramadhan Kesempatan Untuk Saling Berlomba Bulan Ramadhan Allah Teratai
Pin On Islamic Inspirational Quotes
Rasulullah Benar Pantes Islam Melarang Cabut Uban Ternyata Ini Alasannya Masya Allah Ytcrash Youtube Agama Pengetahuan Islam
Http Nasihatsahabat Com Nasihatsahabat Mutiarasunnah Motivasiislami Petuahulama Hadist Hadits Nasihatulama F Kutipan Rohani Kata Kata Kata Kata Indah